pasang

Pendidikan Agama Mempengaruhi Sikap Anak

Belajar menghargai yang muda dan menghormati yang tua memang perlu dicontohkan, baik dengan perilaku langsung maupun dengan nasihat.

Pergeseran moral bangsa, khususnya kaum muda akhir-akhir ini semakin marak, bahkan menjadi trand.

Pendidikan agama menjadi penentu baik buruk nya moral anak. Dalam dan dangkal pengetahuan anak tentang ilmu agama akan terlihat pada tata cara berpakaian, berbicara, bergaul, dan berbagai tingkah laku mereka dalam keseharian di lingkungan pendidikan dan masyarakat.

Pergeseran moral juga terlihat kontras dikalangan mahasiswa, bahkan di Aceh sekalipun, dimana syariat islam menjadi pendangan  hidup mayoritas masyarakatnya. Namun penyimpangan tingkah laku dalam bermasyarak tetap menjadi hal menarik untuk dikaji.

Islam keturunan tanpa mendalami pengetahuan agama di dayah, balai pengajian, dan pesantren tetap mereka tidak paham akan yang wajib, sunah, haram, dan makruh dalam setiap kegiatan kehidupan.

Tentu berbeda dengan mereka yang pernah mengecap pendidikan islam. Sedikit banyak mereka tau akan yang hak dan batil, apa lagi mengenai akhlakul karimah, sopan santun, saling menghargai sudah menjadi pemandangan biasa.

Dalam Kehidupan bermasyarakat tuntutan menghargai yang muda dan menghormati yang lebih tua sudah menjadi kebiasaan yang berdasar kan ajaran Islam, dan sudah menjadi tata krama dalam pergaulan dimasyarakat.


Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Pendidikan Agama Mempengaruhi Sikap Anak"

Back To Top