pasang

Ujong Pancu, Gampong Wisata yang Menjanjikan

Ujong Pancu, Gampong yang terletak di kaki perbukitan hijau, juga sekaligus di tepi pantai, menyuguhkan pemandangan Pulau Bunta, Sabang, hingga pinggiran Ulee Lheuh, Banda Aceh.


Kawasan yang klaim termasuk dalam wilayah Kerajaan Hindu Indra Purwa itu merupakan tempat asri dan damai bagi penduduk kawasan yang memiliki potensi wisata sangat menjanjikan itu berada di Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Gampong tempat Ulama besar Hamzah Fansuri bersemanyam itu saban hari ramai dikunjungi pemancing dari Banda Aceh dan sekitarnya. Maklum potensi ikan disana terbilang lumayan. Selain indah, gampong yang pernah disapu ombak Tsunami itu juga memiliki udara yang segar, namun kini (11/9 2015) sedikit dipengaruhi oleh bau peternakan ayam broiler yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai.

Potensi lain Ujong Pancu dimana warganya juga menawarkan jasa Speed Boat, dan boat untuk memancing, bagi yang berminat silahkan hubungi nelayan setempat ya.

Selain itu gampong yang tak jauh ibu Kota Aceh ini juga menjadi surga bagi wisatawan yang hobi snorkeling, olahraga menyelam itu biasanya dilakukan sekitar pulau Bunta, dimana banyak rumput laut, karang, dan berbagai jenis ikan sangat menarik untuk lihat dari bawah air. Karena laut yang tenang, Ujong Pancu menjadi salah satu pantai yang masyarakat nya masih menggunakan pukat tangan sebagai alternatif untuk menangkap ikan.

Pantai nya itu juga menjadi tempat bagi anak-anak untuk bermain, dimana ketika hari libur dan sore hari  khusus nya anak gampong setempat adalah waktu mereka berkumpul dengan teman di sepanjang pantai dekat pangkalan boat yang sederhana itu. Waktu air surut, pantai yang kering juga digunakan oleh sebagian warga mencari kerang, tiram, dan menjala ikan maupun udang.

Khusus untuk memancing biasa nya mereka memilih tempat di sekitar ujung jalan perkampungan, dimana sepanjang pantai terdapat batu besar, yang sangat cocok untuk tempat melempar kail.

Sepanjang jalan juga terdapat beberapa warung kopi sederhana yang arah tempat duduk sengaja di arahkan kelautan, supaya pengunjung nya betah, selain murah, menu juga disajikan ala gampong.

Jika penasaran dengan Gampong Ujung Pancu, ayo kunjungi segera, tapi jangan berpasangan dengan non muhrim ya guy. Berikut Foto  Ujong Pancu.

Warga Ujong Pancu sedang menarik pukat (Foto; Saiful Amri)

Nampak Pulau Sabang dan  Pulau Bunta, (Foto; Saiful Amri)

Speed Boat mengantarkan pemancing dari Ujoeng Pancu (Foto; Saiful Amri)

Anak-anak sedang bermain di pantai Ujong Pancu (Foto: saiful Amri)

Warga Sedang Menarik Pukat depan pulau Bunta (Foto: Saiful Amri)

Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Ujong Pancu, Gampong Wisata yang Menjanjikan"

Back To Top