pasang

Banyak Warga Pedalaman Aceh Belum Kenal Internet


Mulai dari Handphone (HP), warung internet (Warnet), sekolah, kampus, warung kopi, hingga memiliki Wifi dan modem pribadi, khusus remaja yang berdomisili sekitar Banda Aceh internet sudah menjadi bagian dari pergaulan dan hidup mereka. Bisa dipastikan 95 persen remaja Banda Aceh tidak lagi gagap teknologi (gaptek), pasalnya internet sudah dikenal mereka mulai dari keluarga, teman main, sekolah, hingga kampus.
.Mereka yang belum memiliki HP yang bisa akses internet, biasanya remaja Kuta Raja memilih warnet untuk bersosialisasi dengan teman, maupun mencari dan membuat tugas sekolah atau Tugas kampus. Yang kondisi ekonominya mapan akan memilih Laptop, aipet, dan dilengkapi dengan modem, ini akan memudahkan mereka memakses informasi dari tempat mana saja.

Akhir-akhir ini warung kopi menjadi pilihan remaja untuk mengakses berbagai informasi, siang maupun malam, warkop tetap dipenuhi para Ciber. Jejaring Sosial dan Game online juga menjadi pilihan anak baru gedek (abg), remaja, bahkan sampai yang sudah berkeluarga sekaliipun. Game lain yang ramai diminati para Ciber adalah Poker, Jejaring sosial, jenis game ini menjadi pilihan para ciber diwarkop - warkop, 90% pumuda main poker dan meng akses Face book, twitter, dan jenis Jejaring Sosial lain, selebihnya baru mereka yang mengakses informasi lain. Hal itu dibisa dilihat tiap warkop yang memiliki fasilitas WiFi.
Wifi menjadi andalan para pemilik warkop daerah Aceh, khusus Banda Aceh fasilitas ini digunakan untuk meningkatkan daya jual dagangannya. Mereka para Ciber biasanya ngopi ketempat ada Fasilitas WiFi.  Seperti  Black Bean Coffe. Warkop yang terletak di Ie Masen Kayee Adang, Ulee Kareeng, Banda Aceh itu terbilang ramai  setiap malamnya, meski letaknya agak jauh dari jalan protokol dan pusat keramaian.
Yang menarik sebagian besar pengunjungnya adalah remaja ber umur 20-an.

Internet memang telah lama merambah wilayah Aceh, tapi tidak seluruh masyarakat Provinsi paling ujung pulau sumatra ini bisa mengakses internet, mulai karena Gaptek, sampai tidak tersedianya jaringan Dunia Maya tersebut. Lokop misalnya, wilayah pedalaman perlak, Aceh Timur itu ampai saat ini  belum menmiliki jaringan internet, jangankan internet,  sinyal hp pun sering kolep. Hal serupa juga dirasakan penduduk pendalam beberpa kabupaten lain, Beutong, gunong kong, pedalaman nagan raya, buloh seuma dan bakongan, pedalaman aceh selatan, pedalam kabupaten Simeulu, dan pedalaman kabupaten wilayah tengah aceh yang sampai hari ini masih belum mengenal dunia maya.

Sejauh ini belum ada kebijakan baik oleh Pemerintah Aceh, maupun pemerintah kabupaten tersebut mengenai pengadaan jaringan internet untuk seluruh sekolah daerah pedalaman. Hal ini dianggap penting untu menunjang pengetahuan peserta didik, baik dalam meng akses informasi maupun cara menggunakan teknologi dengan baik dan benar. Apalagi sekarang ada mata pelajaran Ilmu Komputer diisetiap sekolah.
 Jangan sampai putra putri Aceh  jadi Gaptek, dan tertinggal dari dunia teknologi informasi.

Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Banyak Warga Pedalaman Aceh Belum Kenal Internet"

Back To Top