pasang

Maklumat Ulama Seluruh Aceh

Abu Krueng Kalee
Fatwa Ulama Aceh yang dikeluarkan pada 15 Oktober 1945, dua bulan setelah negara baru diproklamirkan di Nusantara ini. Teks berikut adalah sebagaimana teks aslinya, ejaan disesuaikan, bersumber dari buku "Biografi Seorang Guru Di Aceh". Maklumat Ulama Seluruh Aceh Perang dunia kedua yang maha dahsyat telah tamat. 

Sekarang di Barat dan di Timur oleh 4 kerajaan yang besar sedang diatur perdamaian dunia yang abadi untuk keselamatan makhluk Allah. Dan Indonesia tanah tumpah darah kita telah dimaklumkan kemerdekaannya kepada seluruh dunia serta telah berdiri Republik Indonesia dibawah pimpinan dari yang mulia maha pemimpin kita Ir.Soekarno

Belanda adalah satu kerajaan yang kecil serta miskin. Satu negeri yang kecil lebih kecil dari daerah Aceh dan telah hancur lebur. Mereka telah bertindak melakukan kedhalimannya kepada tanah air kita Indonesia yang sudah merdeka dan menilak dijajahnya kembali. Kalau maksud yang jahannam itu berhasil maka pastilah mereka akan memeras segala lapisan rakyat, merampas semua harta benda negara dan harta rakyat dan segala kekayaan yang telah kita kumpulkan selama ini musnah sama sekali. Mereka akan memperbudakkan rakyat Indonesia menjadi hambanya kembali dan menjalankan usaha untuk menghapus agama Islam kita yang suci serta menindas dan menghambat kemuliaan dan kemakmuran bangsa Indonesia. 

Di Jawa bangsa Belanda serta kaki tangannya telah melakukan keganasannya terhadap kemerdekaan Republik Indonesia hingga terjadi pertempuran di beberapa tempat yang akhirnya kemenangan berada di pihak kita. Sungguhpun begitu mereka belum juga insaf. Segenap lapisan rakyat telah bersatu padu dengan patuh berdiri di belakang maha pemimpin Ir. Soekarno untuk menunggu perintah dan kewajiban yang akan dijalankan. Menurut keyakinan kami bahwa perjuangan ini adalah perjuangan suci yang disebut 'Perang Sabil'. Maka percayalah wahai bangsaku, bahwa perjuangan ini adalah sebagai sambungan perjuangan dahulu di Aceh yang dipimpin oleh Almarhum Tgk. Chik Di Tiro dan pahlawan-pahlawan kebangsaan yang lain. 

Dari sebab itu bangunlah wahai bangsaku sekalian, bersatu padu menyusun bahu mengangkat langkah maju kemuka untuk mengikut jejak perjuangan nenek kita dahulu. Tunduklah dengan patuh akan segala perintah-perintah pemimpin kita untuk keselamatan Tanah Air, Agama dan Bangsa. Kutaraja, 15 - 10 - 1945 Atas Nama Ulama Seluruh Aceh Tgk. Haji Hasan Krueng Kale Tgk. M. Daud Beureueh Tgk. Haji Dja'far Sidik Lamjabat Tgk. Haji Ahmad Hasballah Indrapuri Disetujui Oleh: Ketua Komite Nasional Daerah Aceh Tuanku Mahmud Diketahui Oleh: Residen Aceh T. Nyak Arief .
(Catatan Safar Manaf)
Iklan 655 x 60
0 Komentar untuk "Maklumat Ulama Seluruh Aceh"

Back To Top